Langkah Instalasi Manjaro Linux versi 17.1.6


Sebenarnya mau review tentang SolusOS, tetapi teringat untuk nyobain Manjaro Linux, tanpa pikir panjang, partisi Solus langsung dihapus dan digantikan dengan Manjaro Linux.
Untuk diketahui, Manjaro adalah turunan dari Arch Linux.
Manjaro is a user-friendly Linux distribution based on the independently developed Arch operating system. Within the Linux community, Arch itself is renowned for being an exceptionally fast, powerful, and lightweight distribution that provides access to the very latest cutting edge - and bleeding edge - software. However, Arch is also aimed at more experienced or technically-minded users. As such, it is generally considered to be beyond the reach of those who lack the technical expertise (or persistence) required to use it. (About Manjaro)
Oke sesuai judulnya, berikut ini adalah angkah instalasi dari Manjaro Linux secara graphical. Sebenarnya setiap instalasi linux pada umumnya sama. Dan begitu saja, mudah.
Yang perlu disiapkan:
  1. ISO Manjaro Linux, dapat didownload di https://manjaro.org/get-manjaro/. Sesuaikan dengan DE yang mau digunakan, saya memilih versi KDE.
  2. Flashdisk yang nanti digunakan sebagai media installer. Untuk memasukkan installer ke dalam Flashdisk, kita dapat menggunakan Unetbootin atau USB Writer atau YUMI.
  3. Menyiapkan Partisi khusus untuk Linux Manjaro. Kita perlu menyiapkan partisi khusus agar pada saat proses instalasinya nanti tidak perlu memformat partisi lain secara keseluruhan.
Jika hal diatas sudah disiapkan, langsung saja berikut ini adalah langkah instalasi Manjaro Linux.

  1. Memilih Bahasa yang digunakan.
  2. Menentukan Lokasi
  3. Menentukan Layout Keyboard
  4. Memilih mekanisme manual dalam menentukan partisi
  5. Memilih Partisi yang telah disiapkan. Harap berhati2, jangan sampai salah.
  6. Menentukan Mout Point, disini saya berikan "/" sebagai root.
  7. Mengisi identitas User dan Password
  8. Summary dari settingan yang sudah kita pilih sebelumya
  9. Klik Install Now untuk memulai instalasi.
  10. Proses Instalasi dimulai
  11. Proses instalasi Manjaro Linux selesai.
Selesai. Dapat langsung mencoba Manjaro Linux dengan merestart Laptop/PC. Alternatif lain jika tidak mau melakukan instalasi di partisi khusus, bisa menggunakan Virtual Box atau VM Ware.

0 Comments

Mari komentar dan berdiskusi...